Rumus Energi Listrik

Berikut ini disajikan Rumus Energi Listrik yang mungkin dapat membantu Anda dalam menyelesaikan persoalan tentang energi listrik.

Rumus Energi Listrik ini sebenarnya cukup mudah untuk diingat jika kita sebelumnya sudah mengetahui tentang rumus daya listrik. Rumus daya listrik sendiri dapat Anda baca di postingan sebelumnya dengan judul: Rumus Daya Listrik.

Secara matematis rumus energi listrik dapat dituliskan sebagai berikut:


Rumus Energi Listrik

  1. W = V x I x t
  2. W = (V2/R) x t
  3. W = I2 x R x t
  4. W = P x t
Dimana:
  • P = daya listrik (watt)
  • V = Tegangan listrik (volt)
  • I = kuat arus listrik (ampere)
  • = hambatan listrik (ohm)
  • = energi listrik (joule)
  • = waktu (sekon)

Pengertian Energi Listrik


Energi listrik adalah energi yang diperlukan oleh perangkat elektronik yang diperoleh melalui aliran arus listrik dalam satuan Ampere (A) dan tegangan listrik dalam satuan Volt (V). Penggunaan arus dan tegangan listrik tersebut menghasilkan daya listrik dalam satuan watt (W). Nilai energi listrik tersebut dapat diketahui dengan menghitung seberapa besar penggunaan daya listrik dalam waktu tertentu. Untuk penjelasan tambahannya dapat anda baca disini.

Energi listrik dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas seperti menggerakkan motor listrik, memberikan cahaya dari sebuah lampu, menerima kalor untuk memanaskan, melepaskan kalor untuk mendinginkan atau mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya melalui proses mekanik.

Sumber energi dapat diperoleh dari; air, minyak bumi, angin, batu bara, nuklir, panas bumi, matahari, dan masih banyak lain. Satuan energi ini biasanya diberikan dalam satuan Joule dan Kalori.

Secara lanjut Anda dapat membaca tentang penerapan rumus energi listrik yang telah disajikan diatas dapat Anda baca di artikel yang berjudul: Beberapa Rumus Energi Listrik yang Perlu Diketahui.

*****
Postingan diatas merupakan salah satu postingan dari Blog Rumus Fisika yang nantinya senantiasa akan selalu diupdate secara berkala namun tetap masih harus menyesuaikan dengan waktu luang admin. Topik dan konten dalam blog ini mungkin masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami sangat berharap kritik dan saran untuk membangun blog ini menjadi lebih sesuai dengan minat pembaca.

Kami juga dengan senang hati menerima permintaan postingan dari topik yang relevan dari pembaca dengan tujuan agar dapat membantu pembaca lainnya menemukan informasi yang bermanfaat. Jika Anda menemukan artikel yang bersifat plagiat atau melanggar kebijakan privasi seseorang atau organisasi tertentu, jangan sungkan untuk melayangkan protes ke kami.



back to top