Rumus Perbesaran Bayangan Pada Cermin dan Lensa (Rumus II)

Kali ini kami kembali membagikan Rumus Perbesaran Bayangan Pada Cermin dan Lensa menggunakan cara lain.

Sebelumnya kami telah membagikan rumus serupa dalam postingan yang berjudul Rumus Perbesaran Bayangan Pada Cermin dan Lensa. Klik pada link tersebut untuk melihat rumus yang dimaksud.

Nah, jika anda ingin melihat rumus perbesaran bayangan pada cermin dan lensa namun dalam langkah yang berbeda, silahkan lanjutkan membaca postingan ini.

Rumus Perbesaran Bayangan Pada Cermin dan Lensa (Rumus II)

Perhatikan rumus perbesaran bayangan berikut ini:


M = f / (s-f)

Dengan:

  • f = jarak titik fokus
  • s = jarak benda ke cermin/lensa
  • M = perbesaran bayangan pada cermin/lensa

Jika anda mengamati rumus tersebut, anda dapat melihat bahwa tanpa harus mencari jarak bayangan, kita dapat langsung menghitung perbesaran bayangan seperti yang diberikan dalam contoh berikut ini:

Contoh:


Sebuah benda diletakkan 20 cm dari sebuah cermin cekung yang memiliki jarak titik fokus sebesar 15 cm. Berapakah perbesaran bayangan yang dihasilkan?

Jawab:
Dengan menggunakan rumus perbesaran bayangan diatas, perbesaran bayangan dapat kita hitung sebagai berikut:

M = f / (s-f) = 15/(20-15) = 15/5 = 3 kali

jadi: perbesaran bayangan = 3 kali

Nah, bisa dipahami bukan? Silahkan bandingkan dengan menggunakan cara biasa yang sering anda gunakan. Apakah terdapat perbedaan?


*****
Postingan diatas merupakan salah satu postingan dari Blog Rumus Fisika yang nantinya senantiasa akan selalu diupdate secara berkala namun tetap masih harus menyesuaikan dengan waktu luang admin. Topik dan konten dalam blog ini mungkin masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami sangat berharap kritik dan saran untuk membangun blog ini menjadi lebih sesuai dengan minat pembaca.

Kami juga dengan senang hati menerima permintaan postingan dari topik yang relevan dari pembaca dengan tujuan agar dapat membantu pembaca lainnya menemukan informasi yang bermanfaat. Jika Anda menemukan artikel yang bersifat plagiat atau melanggar kebijakan privasi seseorang atau organisasi tertentu, jangan sungkan untuk melayangkan protes ke kami.



back to top