Rumus Frekuensi dan Periode Pegas

Kali ini Blog Rumus Fisika menyajikan Rumus Frekuensi dan Periode Pegas yang biasa kita jumpai dalam materi getaran pada pegas di sekolah.

Rumus frekuensi dan periode pegas sedikit berbeda dengan rumus frekuensi dan periode yang telah dituliskan dalam rumus sebelumnya. Rumus yang kita bahas sekarang lebih spesifik ke pegas, sedangkan rumus periode dan frekuensi sebelumnya lebih spesifik ke ayunan.

Rumus Frekuensi dan Periode Pegas


Jika terjadi getaran harmonis pada pegas yang memiliki amplitudo A dan maka frekuensi pegas dapat dituliskan sebagai:


Sehingga periode getaran pada pegas dapat dituliskan sebagai:

Dimana:

m = massa benda yang digantungkan pada pegas (kg)
k = tetapan / konstanta pegas (N/m)
f = frekuensi getaran pegas (Hz)
T = periode getaran pegas (sekon)

Semoga rumus frekuensi dan periode pegas diatas dapat membantu Anda dalam memahami materi getaran pada pegas.

*****
Postingan diatas merupakan salah satu postingan dari Blog Rumus Fisika yang nantinya senantiasa akan selalu diupdate secara berkala namun tetap masih harus menyesuaikan dengan waktu luang admin. Topik dan konten dalam blog ini mungkin masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami sangat berharap kritik dan saran untuk membangun blog ini menjadi lebih sesuai dengan minat pembaca.

Kami juga dengan senang hati menerima permintaan postingan dari topik yang relevan dari pembaca dengan tujuan agar dapat membantu pembaca lainnya menemukan informasi yang bermanfaat. Jika Anda menemukan artikel yang bersifat plagiat atau melanggar kebijakan privasi seseorang atau organisasi tertentu, jangan sungkan untuk melayangkan protes ke kami.



back to top