Rumus Getaran Pegas

Tulisan tentang Rumus Getaran Pegas ini merupakan tambahan dari rumus yang pernah dituliskan sebelumnya yakni Rumus Frekuensi dan Periode Pegas

Berbicara tentang rumus getaran pegas, tentu saja kita akan berpikir tentang rumus frekuensi getaran ataupun rumus periode getaran. Namun kita tidak boleh melupakan bahwa dalam pegas juga ada sebuah faktor penentu dalam terjadinya getaran pegas.

Dalam rumus getaran pegas kita juga harus memperhitungkan gaya pemulih tegangan. Gaya pemulih tegangan inilah yang menentukan getaran yang dilakukan oleh pegas. 

Besarnya gaya pemulih tegangan (F) ditentukan oleh seberapa besar konstanta pegas (k) dan besarnya simpangan yang dilakukan terhadap pegas (x).
Rumus Getaran Pegas


Rumus Gaya Pemulih Tegangan


F = - k . Δx

Ketika pegas berada dititik keseimbangan, gaya pegas sama besarnya dengan gaya berat benda. (w = m.g) atau


F = m.g, dari persamaan tersebut dapat dicari tetapan pegas yakni: k = m.g/Δx

dengan k = tetapan gaya pegas (N/m); Δx = perubahan panjang pegas ketika diberi beban; dan m = massa benda (kg) dan g = percepatan gravitasi (m/s2).

Selanjutnya tentang rumus getaran pegas dapat anda baca di artikel sebelumnya tentang Rumus Frekuensi dan Periode Pegas

*****
Postingan diatas merupakan salah satu postingan dari Blog Rumus Fisika yang nantinya senantiasa akan selalu diupdate secara berkala namun tetap masih harus menyesuaikan dengan waktu luang admin. Topik dan konten dalam blog ini mungkin masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami sangat berharap kritik dan saran untuk membangun blog ini menjadi lebih sesuai dengan minat pembaca.

Kami juga dengan senang hati menerima permintaan postingan dari topik yang relevan dari pembaca dengan tujuan agar dapat membantu pembaca lainnya menemukan informasi yang bermanfaat. Jika Anda menemukan artikel yang bersifat plagiat atau melanggar kebijakan privasi seseorang atau organisasi tertentu, jangan sungkan untuk melayangkan protes ke kami.



back to top