Rumus Trafo

Berikut ini disajikan postingan tentang rumus trafo yang mungkin dapat membantu Anda dalam menyelesaikan soal tentang transformator.

Trafo atau transformator dapat dibagi menjadi transformator step up dan step down. Namun, menyelesaikan soal tentang keduanya tetap sama. Kita dapat menggunakan rumus trafo untuk menghitung perbandingan jumlah lilitan, tegangan, dan arus listrik.

Rumus Trafo


rumus trafo
Dimana:

Np = lilitan primer
Ns = Lilitan sekunder 
Vp = Tegangan primer (volt)
Vs = Tegangan sekunder (volt)
ip = kuat arus primer (Ampere)
is = kuat arus sekunder (Ampere)

Transformator atau trafo merupakan komponen elektromagnet yang dapat mengubah nilai tegangan bolak balik (AC). Selain itu, transformator dapat digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan (sumber: datasoal.com: Pengertian Transformator).

Penerapan rumus kalor ini dapat Anda baca lebih lanjut di artikel yang berjudul: Contoh Soal Transformator Step Up dan Step Down.

*****
Postingan diatas merupakan salah satu postingan dari Blog Rumus Fisika yang nantinya senantiasa akan selalu diupdate secara berkala namun tetap masih harus menyesuaikan dengan waktu luang admin. Topik dan konten dalam blog ini mungkin masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami sangat berharap kritik dan saran untuk membangun blog ini menjadi lebih sesuai dengan minat pembaca.

Kami juga dengan senang hati menerima permintaan postingan dari topik yang relevan dari pembaca dengan tujuan agar dapat membantu pembaca lainnya menemukan informasi yang bermanfaat. Jika Anda menemukan artikel yang bersifat plagiat atau melanggar kebijakan privasi seseorang atau organisasi tertentu, jangan sungkan untuk melayangkan protes ke kami.



back to top