Rumus Kecepatan

Kali ini Rumus Fisika menyajikan rumus kecepatan yang seringkali digunakan dalam menyelesaikan persoalan tentang gerak.

Rumus kecepatan ini merupakan rumus yang diturunkan dari besaran panjang (s) dan waktu (t). Rumus kecepatan biasa ditulis sebagai berikut:

Rumus Kecepatan


v = s / t

Dimana:


  • v = kecepatan (m/s)
  • s = jarak / perpindahan (meter)
  • t = waktu (sekon)


Lebih lanjut tentang pemanfaatan rumus kecepatan ini dapat anda baca dalam postingan sebelumnya tentang rumus percepatan.

Kecepatan merupakan salah satu besaran vektor yang memperlihatkan berapa cepat sebuah benda dalam melakukan perpindahan. Kecepatan seringkali disebut sebagai kelajuan dan dinyatakan dalam satuan menurut sistem internasional adalah meter per sekon (m/s atau ms−1).

Satuan kecepatan yang bukan dalam sistem internasional dan biasanya digunakan sebagai istilah dalam berkendara adalah kilometer per jam dengan lambang km/jam atau kilometer per hour (kmph), mil per jam dengan lambang mil/jam atau mil per hour (mph). Dalam istilah penerbangan biasanya kita mendengar satuan kecepatan yaitu knot. 

*****
Postingan diatas merupakan salah satu postingan dari Blog Rumus Fisika yang nantinya senantiasa akan selalu diupdate secara berkala namun tetap masih harus menyesuaikan dengan waktu luang admin. Topik dan konten dalam blog ini mungkin masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami sangat berharap kritik dan saran untuk membangun blog ini menjadi lebih sesuai dengan minat pembaca.

Kami juga dengan senang hati menerima permintaan postingan dari topik yang relevan dari pembaca dengan tujuan agar dapat membantu pembaca lainnya menemukan informasi yang bermanfaat. Jika Anda menemukan artikel yang bersifat plagiat atau melanggar kebijakan privasi seseorang atau organisasi tertentu, jangan sungkan untuk melayangkan protes ke kami.



back to top