Rumus Jarak Fokus Cermin dan Lensa

Kali ini Rumus Fisika menulis tentang Rumus Jarak Fokus Cermin dan Lensa. Tulisan merupakan lanjutan dari seri rumus cermin dan lensa sebelumnya yang berjudul Rumus Perbesaran Bayangan pada Cermin dan Lensa.

Rumus jarak fokus cermin dan lensa adalah sama. Jarak fokus cermin dan lensa dapat ditentukan dengan memanfaatkan jarak benda maupun jarak bayangan pada cermin maupun lensa.

Secara matematis Rumus Jarak Fokus Cermin dan Lensa dituliskan sebagai berikut:


Rumus Jarak Fokus Cermin dan Lensa


Dimana:

f = jarak fokus cermin atau lensa

s' = jarak bayangan

s = jarak benda

Biasanya dalam pengerjaan soal tentang cermin maupun lensa, perbesaran bayangan juga ditanyakan setelah jarak fokus cermin atau lensa diketahui. Silahkan lihat rumus perbesaran bayangan tersebut disini.

Baca juga cara singkat menghitung perbesaran bayangan menggunakan jarak titik fokus dan jarak benda di artikel yang berjudul: Rumus Perbesaran Bayangan Pada Cermin dan Lensa (Rumus II)Cermin dan Lensa.

Penerapan rumus perbesaran bayangan pada cermin dan lensa ini dapat anda baca lebih lanjut di artikel yang berjudul Rumus Perbesaran Bayangan dan Contoh Soal Cermin Cembung serta Contoh Soal Cermin Cekung., atau masih banyak contoh soal lainnya di blog datasoal.com.

*****
Postingan diatas merupakan salah satu postingan dari Blog Rumus Fisika yang nantinya senantiasa akan selalu diupdate secara berkala namun tetap masih harus menyesuaikan dengan waktu luang admin. Topik dan konten dalam blog ini mungkin masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami sangat berharap kritik dan saran untuk membangun blog ini menjadi lebih sesuai dengan minat pembaca.

Kami juga dengan senang hati menerima permintaan postingan dari topik yang relevan dari pembaca dengan tujuan agar dapat membantu pembaca lainnya menemukan informasi yang bermanfaat. Jika Anda menemukan artikel yang bersifat plagiat atau melanggar kebijakan privasi seseorang atau organisasi tertentu, jangan sungkan untuk melayangkan protes ke kami.



back to top