Rumus Perbesaran Bayangan Pada Cermin dan Lensa

Apakah Anda sedang mencari rumus perbesaran bayangan pada cermin dan lensa? Berikut ini Rumus Fisika menyajikan rumus perbesaran bayangan pada cermin dan lensa yang mungkin dapat membantu Anda.

Rumus perbesaran bayangan pada cermin ataupun lensa secara prinsip adalah sama, yakni dengan membandingkan jarak bayangan dan jarak benda, atau membandingkan tinggi bayangan dan tinggi benda. 

Baca juga tulisan sebelumnya tentang Rumus Kekuatan Lensa.

Secara matematis, rumus perbesaran bayangan dituliskan sebagai berikut:

Rumus Perbesaran Bayangan Pada Cermin dan Lensa


Rumus Perbesaran Bayangan Pada Cermin dan Lensa

Dimana:

M = perbesaran bayangan

s' = jarak bayangan

s = jarak benda

h' = tinggi bayangan

h = tinggi benda

Penerapan rumus perbesaran bayangan pada cermin dan lensa ini dapat anda baca lebih lanjut di artikel yang berjudul Rumus Perbesaran Bayangan dan Contoh Soal Cermin Cembung serta Contoh Soal Cermin Cekung.

Baca juga cara singkat menghitung perbesaran bayangan menggunakan jarak titik fokus dan jarak benda di artikel yang berjudul: Rumus Perbesaran Bayangan Pada Cermin dan Lensa (Rumus II)Cermin dan Lensa.

*****
Postingan diatas merupakan salah satu postingan dari Blog Rumus Fisika yang nantinya senantiasa akan selalu diupdate secara berkala namun tetap masih harus menyesuaikan dengan waktu luang admin. Topik dan konten dalam blog ini mungkin masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami sangat berharap kritik dan saran untuk membangun blog ini menjadi lebih sesuai dengan minat pembaca.

Kami juga dengan senang hati menerima permintaan postingan dari topik yang relevan dari pembaca dengan tujuan agar dapat membantu pembaca lainnya menemukan informasi yang bermanfaat. Jika Anda menemukan artikel yang bersifat plagiat atau melanggar kebijakan privasi seseorang atau organisasi tertentu, jangan sungkan untuk melayangkan protes ke kami.



back to top