Rumus Menghitung Kedalaman Laut

Berikut ini disajikan rumus menghitung kedalaman laut yang mungkin dapat membantu anda dalam menghitung kedalaman laut berdasarkan data yang disediakan dalam soal.

Persoalan tentang menghitung kedalaman laut biasa kita jumpai dalam soal-soal ujian sekolah bahkan ujian nasional. Biasanya dalam soal tersebut diketahui waktu pemantulan bunyi (t) dan kecepatan bunyi di dalam air (v).

Sehingga, untuk menghitung kedalaman laut dapat memanfaatkan rumus menghitung kedalaman laut seperti yang dituliskan sebagai berikut:


Rumus Menghitung Kedalaman Laut


h = (v x t) / 2

Dimana:

  • h = kedalaman laut (meter)
  • v = kecepatan bunyi dalam air (m/s)
  • t = waktu bunyi pantul yang diterima kembali (sekon)

Selanjutnya, untuk mengetahui lebih lanjut seputar penerapan rumus menghitung kedalaman laut dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul: Contoh Soal Bunyi dalam Fisika.


*****
Postingan diatas merupakan salah satu postingan dari Blog Rumus Fisika yang nantinya senantiasa akan selalu diupdate secara berkala namun tetap masih harus menyesuaikan dengan waktu luang admin. Topik dan konten dalam blog ini mungkin masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami sangat berharap kritik dan saran untuk membangun blog ini menjadi lebih sesuai dengan minat pembaca.

Kami juga dengan senang hati menerima permintaan postingan dari topik yang relevan dari pembaca dengan tujuan agar dapat membantu pembaca lainnya menemukan informasi yang bermanfaat. Jika Anda menemukan artikel yang bersifat plagiat atau melanggar kebijakan privasi seseorang atau organisasi tertentu, jangan sungkan untuk melayangkan protes ke kami.



back to top