Rumus Hukum Ohm

Berikut ini disajikan rumus hukum ohm yang mungkin dapat membantu Anda dalam menyelesaikan persoalan tentang hukum Ohm.

Bunyi hukum Ohm sendiri adalah: “Besarnya kuat arus listrik yang mengalir dalam sebuah penghantar akan sebanding dengan beda potensial antara kedua ujung penghantar dan berbanding terbalik dengan besarnya hambatan penghantar tersebut.” (sumber: Bunyi Hukum Ohm, https://datasoal.com).

Secara matematis, rumus hukum Ohm dapat dituliskan sebagai berikut:

I = V/R

Dimana:

I = kuat arus yang mengalir (ampere)
V = beda potensial listrik (volt)
R = hambatan penghantar (ohm)

Tergantung dari kebutuhan penyelesaian soal, rumus hukum Ohm dapat diubah menjadi sebagai berikut:


Lebih lanjut mengenai penerapan rumus hukum Ohm dapat anda dalam artikel yang berjudul Bunyi Hukum Ohm.

*****
Postingan diatas merupakan salah satu postingan dari Blog Rumus Fisika yang nantinya senantiasa akan selalu diupdate secara berkala namun tetap masih harus menyesuaikan dengan waktu luang admin. Topik dan konten dalam blog ini mungkin masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami sangat berharap kritik dan saran untuk membangun blog ini menjadi lebih sesuai dengan minat pembaca.

Kami juga dengan senang hati menerima permintaan postingan dari topik yang relevan dari pembaca dengan tujuan agar dapat membantu pembaca lainnya menemukan informasi yang bermanfaat. Jika Anda menemukan artikel yang bersifat plagiat atau melanggar kebijakan privasi seseorang atau organisasi tertentu, jangan sungkan untuk melayangkan protes ke kami.



back to top