Rumus Tekanan Hidrostatis

Sedang mencari Rumus Tekanan Hidrostatis? Berikut ini kami sajikan Rumus Tekanan Hidrostatis yang mungkin bermanfaat bagi Anda.


Pengertian tekanan hidrostatis adalah tekanan yang terjadi dibawah permukaan air (fluida statis). Tekanan tersebut disebabkan oleh gaya berat air terhadap benda. Gaya tersebut bergantung pada kedalaman dimana benda tersebut berada. Semakin dalam benda tersebut dari permukaan air, semakin besar pula gaya berat air terhadap benda itu (sumber: Tekanan Hidrostatis dalam Fisika).

Rumus Tekanan Hidrostatis: 


PH = ρ x g  x h

Dimana: 

  • PH = Tekanan Hidrostatis (N/m2 atau Pascal)
  • ρ = Massa jenis zat cair
  • h = kedalaman benda dalam zat cair


Penerapan tentang Rumus Tekanan Hidrostatis ini dapat Anda baca lebih lanjut di Contoh Soal Tekanan Hidrostatis.

*****
Postingan diatas merupakan salah satu postingan dari Blog Rumus Fisika yang nantinya senantiasa akan selalu diupdate secara berkala namun tetap masih harus menyesuaikan dengan waktu luang admin. Topik dan konten dalam blog ini mungkin masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami sangat berharap kritik dan saran untuk membangun blog ini menjadi lebih sesuai dengan minat pembaca.

Kami juga dengan senang hati menerima permintaan postingan dari topik yang relevan dari pembaca dengan tujuan agar dapat membantu pembaca lainnya menemukan informasi yang bermanfaat. Jika Anda menemukan artikel yang bersifat plagiat atau melanggar kebijakan privasi seseorang atau organisasi tertentu, jangan sungkan untuk melayangkan protes ke kami.



back to top