Rumus Kalor Yang Sering Digunakan Sehari-hari

Sedang mencari rumus Kalor? Kali ini disajikan rumus kalor yang mungkin bermanfaat bagi Anda.

Kalor sendiri merupakan bentuk energi yang dapat berpindah dari zat yang bersuhu tinggi ke zat yang bersuhu rendah.

Rumus Kalor Pemanasan adalah:


Q = m x c x ∆T

Dimana:
Q = kalor (Joule)
m = massa (kg)
c = kalor jenis (j/kg°C)
∆T = perubahan suhu (°C)

Penggunaan rumus Kalor ini dapat anda temukan di datasoal.com dalam artikel yang berjudul Contoh Soal Kalor.

Selanjutnya kita akan membahas tentang rumus kalor lebur. Kalor lebur adalah banyaknya kalor yang diperlukan oleh 1 kg zat untuk mengubah dari wujud padat menjadi cair pada titik leburnya.

Rumus dari kalor lebur adalah:


Q = m . L

Dengan:


  • Q = kalor yang diserap atau dilepas (joule)
  • m = massa zat (kg)
  • L = kalor lebur (J/kg)

Selanjutnya adalah Kalor Uap. 

Kalor uap (U) adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk mengubah setiap 1 kg zat cair menjadi uap seluruhnya pada titik didihnya. 

Rumus dari kalor Uap adalah:


Q = m . U

Dengan:


  • Q = banyaknya kalor yang diserap atau dilepas (joule)
  • m = massa zat (kg)
  • U = kalor uap (J/kg)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kalor merupakan bentuk energi yang dapat berpindah dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah.  Perpindahan energi tersebut salah satunya dapat terjadi jika kedua benda tersebut bersentuhan. 

Pengertian kalor jelas tidak sama dengan pengertian suhu. Suhu sendiri adalah ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda. Satuan suhu dalam SI adalah Kelvin. (Umumnya di Indonesia menggunakan satuan Celcius).

Baca juga pembahasan singkat tentag kalor dalam datasoal.com pada artikel yang berjudul Pengertian Kalor.

*****
Postingan diatas merupakan salah satu postingan dari Blog Rumus Fisika yang nantinya senantiasa akan selalu diupdate secara berkala namun tetap masih harus menyesuaikan dengan waktu luang admin. Topik dan konten dalam blog ini mungkin masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami sangat berharap kritik dan saran untuk membangun blog ini menjadi lebih sesuai dengan minat pembaca.

Kami juga dengan senang hati menerima permintaan postingan dari topik yang relevan dari pembaca dengan tujuan agar dapat membantu pembaca lainnya menemukan informasi yang bermanfaat. Jika Anda menemukan artikel yang bersifat plagiat atau melanggar kebijakan privasi seseorang atau organisasi tertentu, jangan sungkan untuk melayangkan protes ke kami.



back to top